CARA PASANG LAGU DI BLOG MENGGUNAKAN MP3SKULL, SCMPLAYER & KODE HTML | BHIBIT ARIANTO
Change Background of This Blog!


Lihat

 

Minggu, 05 Mei 2013

CARA PASANG LAGU DI BLOG MENGGUNAKAN MP3SKULL, SCMPLAYER & KODE HTML

0 komentar

Penggunaan musik / lagu sebagai media hiburan bisa dilakukan dengan berbagai hal, salah satunya  dengan memasangnya di blog. Hal ini bisa bertujuan untuk memanjakan telinga pengunjung blog dengan lagu-lagu yang disajikan. Dan bila kita mempunyai blog pribadi yang tidak dipublikasikan, kita bisa memasang lagu / musik sesuai dengan kesukaan kita. Berikut ada tiga cara pasang lagu di blog menggunakan situs mp3skull.com, scmplayer.net, dan edit langsung kode HTML untuk dimasukkan ke Gadget HTML / Javascript.

CARA PASANG LAGU DI BLOG - MENGGUNAKAN MP3SKULL.COM

       Jika ingin memasang lagu di blog menggunakan jasa situs mp3skull.com, berikut langkah langkahnya :
1. Klik www.mp3skull.com
2. Setelah masuk ke web mp3skull, silahkan ketikkan artis dan judul lagu pada search box. Sebagai contoh, saya ingin memasang lagu klasik "Scorpions Always Somewhere", maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini :


3. Dibawah judul lagu ada 4 pilihan menu yaitu DOWNLOAD, PLAY, EMBED, dan SEND RINGTONE. Untuk memasukkan lagu ke blog, maka kita harus mengambil kode lagu tersebut. Klik EMBED, kemudian copy paste EMBED KODE yang tampil, kedalam gadget HTML / Javascript pada DASBOR Blogger.

4. Klik LIHAT BLOG, dan lagu sudah muncul. Klik PLAY untuk mulai memainkan musiknya.

CARA PASANG LAGU DI BLOG - MENGGUNAKAN SCMPLAYER.NET

       Selain melalui mp3skull.com untuk memasang lagu di blog, kita juga bisa menggunakan jasa situs scmplayer.net. Beberapa kelebihan scmplayer.net dibandingkan dengan mp3skull.com antara lain :
- Support Blogger (Blogspot), Wordpress, dan Tumblr
- MP3, MP4, RSS Pods dan Youtube Playlist
- Banyak pilihan Custom Skin RSS
- Bisa membuat 1 Playlist max 10 lagu
- Pengaturan Kofigurasi sesuai keinginan (Autoplay, Placement, Repeat Mode)
Berikut langkah langkahnya :

1. Klik www.scmplayer.net
2. Langkah pertama adalah memilih warna skin, Klik CHOOSE SKIN, pilih warna skin sesuai yang di inginkan. Disarankan memilih warna skin yang sama dengan warna template blog, supaya terlihat serasi.  

3. Selanjutnya klik EDIT PLAYLIST. Pada kotak SONG TITLE isikan artis dan judul lagi yang ingin ditampilkan ke dalam blog, sebagai contoh saya ambil lagunya "Jessie J" dengan judul "Domino". Pada tab baru buka www.youtube.com kemudian cari lagu yang di inginkan, lalu copy paste url lagu pada youtube (Contoh : http://www.youtube.com/watch?v=UJtB55MaoD0 ) kedalam kotak SONG URL. 


4. Langkah selanjutnya klik CONFIGURE SETTING. Disini kita bisa menyesuaikan konfigurasi pemutar media seperti AUTO PLAY untuk play otomatis saat membuka blog, REPEAT MODE untuk setting pengulangan lagu, PLACEMENT OF PLAYER BAR untuk penempatan posisi lagu, SHUFFLE PLAYBACK, DEFAULT VOLUME dan SHOW PLAYLIST BY DEFAULT bisa diatur sendiri sesuai keinginan.


5. Jika sudah selesai Klik DONE untuk mendapatkan kode yang akan dipasang kedalam gadget blog. Selanjutnya akan muncul kode seperti pada gambar dibawah ini : 


6. Copy dahulu KODE diatas. Selanjutnya buka DASBOR pada BLOGGER. Pilih TATA LETAK dan TAMBAHKAN GADGET - HTML / JAVASCRIPT. PASTE kan kode seperti diatas pada HTML / JAVASCRIPT. Kemudian klik SIMPAN untuk mengakhiri langkah memasang lagu di blog.

Untuk penempatan GADGET disarankan di atas / di bawah posting supaya enak dilihat.

CARA PASANG LAGU DI BLOG - MENGGUNAKAN KODE HTML

       Jika ingin cara yang cepat tanpa harus pergi ke situs situs diatas, maka cara yang terakhir ini bisa digunakan, yaitu dengan memasang langsung kode HTML yang disediakan disini. Berikut langkah langkahnya :

1. LOGIN ke BLOGGER (Blogspot).
2. Klik TATA LETAK - TAMBAHKAN GADGET - HTML / JAVASCRIPT.
3 COPY PASTE kode dibawah ini kedalam gadget HTML / JAVASCRIPT. Edit dahulu kode dibawah kemudian klik SIMPAN.

<embed src="http://img227.imageshack.us/img227/3087/playergv1.swf?soundFile=URL_FILE_MP3_ANDA_DISINI&amp;bg=0x000000&amp;leftbg=0x000000&amp;lefticon=0xFFFFFF&amp;rightbg=0x333333&amp;rightbghover=0x333333&amp;righticon=0xCCCCCC&amp;righticonhover=0xFFFFFF&amp;text=0xcccccc&amp;slider=0x666666&amp;track=0xFFFFFF&amp;border=0xFFFFFF&amp;loader=0xcccccc&amp;autostart=No&amp;loop=yes" quality="high" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer" type="application/x-shockwave-flash" wmode="transparent" height="24" width="300px"></embed>

 KETERANGAN :
- Tulisan URL_FILE_MP3_ANDA_DISINI ganti dengan URL Lagu / Musik yang ingin anda pasang, bisa dengan upload file dulu ke ziddu.com, 4shared.com, atau mediafire.com, atau cari url musik yang tersedia di situs-situs mp3.
- Ganti Tulisan No dengan YES, bila ingin memutar musik secara otomatis saat masuk ke blog /web.
- Angka 300px bisa diubah sesuai keinginan untuk mengatur lebar widget tersebut. Agar menyesuaikan lebar secara otomatis ke tempatnya maka ganti angka tersebut dengan 100%.

Demikianlah tiga cara pasang lagu di blog, sebenarnya masih banyak cara lain untuk memasang lagu di blog. Tetapi cara cara diataslah yang saya sarankan, karena sudah terbukti berhasil. Semoga bermanfaat. sumber

0 komentar: