CARA MEMBUAT PARAGRAF DENGAN DUA KOLOM DI POSTINGAN | BHIBIT ARIANTO
Change Background of This Blog!


Lihat

 

Jumat, 17 Mei 2013

CARA MEMBUAT PARAGRAF DENGAN DUA KOLOM DI POSTINGAN

0 komentar

Ya walaupun banyak PR dan banyak ulangan menumpuk di minggu ini, sempet-sempetnya buka blogger.com dan membuat sebuah posting baru. Oh iya ngomong-ngomong tentang posting kali ini, saya akan mensharing tentang bagaimana cara membuat paragraf menjadi terbelah dua atau dua kolom. Mungkin anda sudah sering melihat paragraf ini, dimana ya? di koran-koran, majalah tentunya.

Jika blog anda berisikan tentang berita-berita atau informasi, alangkah baiknya anda menggunakan paragraf dua kolom ini. Dengan menggunakannya dapat membuat pengunjung anda serasa membaca koran atau majalah secara online. Itu membuat si pembaca tertakjub dan akan mengatakan bahwa blog anda beda dari yang lain :D Jika anda mengikuti tutorial ini maka hasilnya nanti akan seperti gambar diatas:

Sekarang saya akan menerangkan dua cara untuk membuat sebuah paragraf dengan dua kolom. Cara ini saya dapat dari beberapa blog, yaitu dari website maskolis dan ngeposta.

Cara pertama dari website ngeposta

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan selector CSS yaitu column-count dan column-gap kemudian anda padukan dengan tag HTML biasa seperti <div> atau <span>. 
  • Anda hanya perlu memasukan script dibawah ini pada postingan anda, tetapi dalam mode HTML (jangan mode compose)
<div style="background-attachment: scroll; background: #f0f0f0;-moz-column-count: 2; -moz-column-gap: 25px; -webkit-column-count: 2;-webkit-column-gap: 25px; -o-column-count: 2; -o-column-gap: 25px;column-count: 2; column-gap: 25px; height: auto;width: auto; padding: 10px">
Teks paragraf anda
</div>
  • Kode berwarna merah adalah kode warna background tulisan paragraf, jika anda ingin menggunakan background sesuai warna lembar posting anda, anda cukup menghapus kode background menjadi seperti ini :
<div style="background-attachment: scroll;-moz-column-count: 2; -moz-column-gap: 25px; -webkit-column-count: 2;-webkit-column-gap: 25px; -o-column-count: 2; -o-column-gap: 25px;column-count: 2; column-gap: 25px; height: auto;width: auto; padding: 10px">
Teks paragraf anda
</div>

Cara kedua dari website maskolis

  • Anda hanya perlu memasukan script dibawah ini pada postingan anda, tetapi dalam mode HTML (jangan mode compose)
<table cellpadding="10" cellspacing="10"><tbody><tr> <td align="justify" valign="top" width="240">artikel di bagian kiri</td><td align="justify"valign="top"width="240">artikel di bagian kanan</td> </tr></tbody></table>

Keterangan:
  1. cellpadding: atur jarak antara tepi kolom dengan tulisan 
  2. cellspacing: atur jarak antara dua kolom 
  3. width: ada dua  width, pada kode di atas sama sama menggunakan angka 240. Jika ingin berbeda silahkan ganti saja. 
  4. align: perataan teks (justify untuk rata kanan kiri, left untuk rata kiri, right untuk rata kanan dancenter untuk rata tengah) 
  5. valign: perataan verikal (top untuk rata atas, bottom untuk rata bawah dan middle untuk rata tengah)

Untuk memperbagus dan mempercantik postingan anda juga dapat membaca artikel berikut ini:
Cara Menambahkan Emoticon pada lembar Postingan
- Membuat Huruf Besar (Drop Cap) pada Awal Postingan
- Cara mengganti blockquote bawaan menjadi lebih keren

Last Words

Jadi kesimpulannya, walaupun postingan anda berbobot atau sedang banyak dicari, tetapi kebanyakan orang akan lebih memilih untuk meninggalkan blog anda jika postingan tersebut tidaklah rapi, jadi perbaiki postingan anda dan tambahkan beberapa desain dalam postingan anda . Sekian post tentang Cara membuat paragraf dengan dua kolom di postinganJangan lupa membaca post saya yang lainnya dengan membaca DAFTAR ISI. Maaf bila ada salah-salah kata dan semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda :) sumber

0 komentar: