SIKAP POSITIF SAAT BEKERJA | BHIBIT ARIANTO
Change Background of This Blog!


Lihat

 

Kamis, 21 Maret 2013

SIKAP POSITIF SAAT BEKERJA

0 komentar
Ketika masuk dunia kerja kita dihadapkan dengan sejumlah tuntutan pekerjaan harus diselesaikan tepat waktu (on time). Di lingkungan kerja pasti juga dijumpai banyak orang dengan berbagai karakter yang melekat padanya.

Untuk menyiasatinya kita harus mempunyai beberapa sikap yang mendukung dalam
menjalankan pekerjaan diantaranya:
1.       Melakukan tes Intervieuw dengan tenang dan elegan.
Masuk dunia kerja bermula dari beberapa tahap diantaranya intervieuw. Di situ kita akan dihadapkan dengan pertanyaan yang mungkin banyak tidak kita duga sebelumnya (mau digaji berapa, apa keahlian yang kamu punya, mengapa kamu mau kerja di sini, dll). Lewat pertanyaan itu calon perusahaan akan menentukan kriteria penilaian tersendiri tentang kualitas yang tepat untuk posisi yang tepat bagi pelamar pekerjaan. Usahakan kita saat menghadapi interviuew dengan sikap yang tenang dan dengan jawaban yang elegan dengan pemahaman bahwa kita memang pantas dan berhak untuk bekerja di perusahaan itu, dengan pengalaman yang kita miliki akan bisa memberikan konstribusi kemajuan calon perusahaan kita bekerja.
2.       Menganggap pekerjaan biasa menjadi pekerjaan yang bernilai tinggi.
Ketika memasuki dunia kerja kadang kita dihadapkan dengan pekerjaan sepele yang tidak lain adalah siasat para calon bos kita untuk melakukan penilaian terhadap kinerja kita dan seberapa besar tanggung jawab kita terhadap hal-hal sepele sebelum kita dibebani dengan pekerjaan yang benar-benar akan kita jalani. Ambil saja contoh menerima telepon lewat bahasa dan penguasaan intonasi bahasa kita calon bos kita akan dapat mengetahui seberapa berkuatitasnya kemampuan kita.
3.       Menghargai karyawan senior.
Sebagai pemula atau orang baru di suatu perusahaankita akan menjumpai banyak karyawan senior yang tentunya masakerja dan keahliannya lebih daripada kita. Kita dituntut untuk bisa menghargai keberadaan mereka, karenamereka jauh lebih memahami kondisi perusahaan dan bagaimana cara bekerja yang dituntut oleh perusahaan. Tidak semua karyawan lama mempunyai kinerja bagus maka kita harus bisa untuk memilih mereka menjadikan contoh sikap dan tanggung jawab yang baik bagi perusahaan.
4.       Menjadi  asisten yang baik.
Mempunyai rekan kerja atau atasan sangat diperlukan untuk membimbing apa dan bagaimana sikap kerja dan tanggung jawab yang harus kita emban sesuai posisi yang dibebankan kepada kita. Lewat melihat, memperhatikan, dan bekerja secara langsung kita akan mempunyai suatu gambaran bagaimana dan mengapa pekerjaan ini memerlukan kita, kita seperti seorang asisten pribadi yang secara bertahap akan mengambil alih yang tidak lain adalah tugas yang akan menjadi kewajjiban kita.
5.       Melakukan pekerjaan semaksimal mungkin.
Pekerjaan yang sudah kita pegang hendalah kita lakukan dengan penuh tanggung jawab dan kita berusaha untuk melakukan dengan semaksimal mungkin. Dengan hasil yang baik dan tepat waktu kita akan mendapat nilai tersendiri bagi atasan kita. Hasil yang kita capaipun akan dapat mempengaruhi nilai pekerjaan bahkan kita mungkin dapat dipromosikan untuk jabatan yang lebih karena pertimbangan kemampuan kita.
6.       Jangan banyak mengeluh dan terus berusaha.
Suatu pekerjaan kadang membuat kita jengkel dan merasa kesulitan. Secara tidak sadar kita mungkin mengucap kata kok, aduh ,wah, kalo gini, dll. yang tidak lain adalah ungkapan dari mengeluh. Dengan mengeluh malah bisa mematikan kreativitaskita untuk selalu berusaha mendapat jawaban atau cara mengatasi pekerjaan. Kita harus percayabahwa kita selalu bisadandapat diandalkan.
7.       Jangan mudah menyerah dengan tugas yang berat.
Seorang atasan memberi pekerjaan bisa saja bertumpuh atau dalam jumlah banyak dan bahkan kalau diperkirakan akan memakan waktu lamauntuk menyelesaikannya. Lewat kemampuan, kita dituntut untuk bekerja ekstra dalam menyelesaikannya, dahulukan pekerjaan ringan terlebih dahulu kemudian mulailah dengan pekerjaan berat. Kitapun dapat mencari bantuan lewat teman, buku, internet dan bahkan para senior kita untuk merampungkannya. Dengan pengalaman dan trik-trik mereka, kita akan mampu menyelesaikan pekerjaan itu dan tiada kata menyerah untuk suatu pekerjaan yang berat.
8.       Menjalankan tugas yang di berikan dengan hasil terbaik dan dalam waktu seminimal mungkin.
Tugas atau pekerjaanyang diberikan kita usahakan dapat mengatasi atau mengerjakan dengan secepat mungkin. Ini akan menunjukkan bahwa kita mempunyai kemampuan lebih dan memang pantas untuk posisi jabatan yang diberikan. Tentu saja kita akan mendapat nilai plus dengan hasil pekerjaan kita yang lebih awal selesainya sebelum deathline, bahkan kita bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.
9.       Jangan libatkan masalah pribadi dalam urusan kantor.
Permasalahan pribadi bisa saja timbul dengan rekan yang menjadi rival kita di dalam perusahaan. Karena kecemburuan kedekatan kita dengan atasan yang tidak lain supaya meraih simpati untuk kemajuan posisi jabatannya. Maka usahakan kita bekerja sesuai dengan koridor pekerjaan kita jangan teralu ikut campur dengan urusan atau pekerjaan rekan lain yang tidak sesuai dengan naungan tanggung jawab pekerjaan kita. Tahu posisi dan tanggung jawab juga perlu untuk menghindari sikap saling menyalahkan karena kita lempar atau saling berebut tanggung jawab. Usahakan kita bersikap profesional dalam bekerja.
10.   Terima pekerjaan tambahan atau kerja lembur.
Apabila tenaga kita diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang diluar jam kantor, kita harus menunjukkan loyalitas kepada perusahaan kita. Dengan lembur kita akan mempersingkat waktu sehingga pekerjaan yang hampir deathline dapat segera selesai sebelum waktunya, dan perusahaan kita pun akan mendapat predikat baik yang mampu mengerjakan sesuai dengan apa yang diminta oleh klien perusahaan.
11.   Jadikan penghargaan yang diterima menjadi pemicu kita untuk mendapat target yang lebih.  
Mendapat penghargaan atau mendapat promosi jabatan sesungguhnya bukan merupakan target awal kita melakukan suatu tugas dengan baik. Penghargaan itu akan lebih bagus bila kita jadikan penyemangat kita, untuk menjadi lebih baik .Karena lewat kemampuan kita mendapat tugas dan jabatan yang lebih memerlukan kemampuan yang lebih dari yang kita miliki sekarang. Kita harus mempunyai kemampuan yang lebih dari rekan  kita dan kita akan mendapat sorotan penting di manapun tempat kita bekerja, dengan itu  posisi kitapun akan lebih diperhatikan oleh atasan atau bahkan kita bisa mendapat prioritas untuk menjadi seorang pemimpin di tempat kita bekerja.

Demikian sikap positif itu harus kita maksimalkan. Sebisa mungkin kita dapat menjalankan segala tugas tanggung jawab dan kewenangan yang diberikan dengan posisi yang kita jalani. Untuk itulah semangat selalu berusaha dan selalu belajar akan menjadi motivasi kita menjadi baik dari sebelumnya. SALAM SUKSES

0 komentar: