Pengertian Motivasi | BHIBIT ARIANTO
Change Background of This Blog!


Lihat

 

Minggu, 02 Juni 2013

Pengertian Motivasi

0 komentar
Pengertian dari Motivasi adalah sesuatu yang membuat kita bertindak melakukan kerja. Seperti ketika kita memerlukan makanan dan minuman karena haus dan lapar, atau ketika harus mempunyai uang untuk memenuhi keperluan keluarga.

Pengertian motivasi dan istilah motivasi sering digunakan sebagai cara untuk memulaikerja. Jadi, motivasi adalah suatu proses untuk memulai sebuah tindakan atau pekerjaan.Dan setiap motivasi melibatkan rasa ingin atau butuh serta harus, yang bisa menyebabkan perilaku untuk bergerak.

Pengertian motivasi juga bisa diartikan sebagai suatu sebab mengapa seseorang mau kerja.


Contoh Motivasi Kerja

Dibawah ini adalah contoh motivasi kerja : Seorang pekerja yang ingin mendapatkan uang yang lebih, misalnya saja untuk membelikan hadiah boneka untuk anak perempuannya maka ia akan bersedia bekerja lembur. Ingin mendapatkan uang yang lebih untuk membelikan puterinya sebuah boneka adalah contoh motivasi mengapa ia mau bekerja lembur.


Contoh Kata-kata Motivasi

Berikut ini adalah contoh kata-kata motivasi yang sederhana :
"Saya ingin membahagiakan keluarga, oleh sebab itu saya harus rajin bekerja".


Faktor-faktor yang mendukung motivasi

Faktor pendukung motivasi bisa dikategorikan menjadi 2 :
faktor dari dalam diri kita sendiri dan faktor dari luar.

Contoh motivasi dari dalam diri sendiri, seperti : ingin mendapatkan sesuatu.
Contoh motivasi dari luar, seperti : ingin membahagiakan keluarga dan orang lain.


Agar Motivasi Menjadi efektif

Berikut ini adalah 4 faktor pendukung agar setiap motivasi bisa efektif :
1. Memiliki tujuan yang jelas dan masuk akal. jadikanlah niat dan kata-kata sebagai langkah motivasi.
2. Memulai, memulai usaha biasanya yang paling sulit karena kita dihadapkan dengan rasa malas dari diri kita sendiri. Ingat pepatah, "sekali merangkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui".
3. Fokus pada usaha, maksud fokus disini adalah sangat serius pada setiap usaha.
4. Ketekunan, tekun adalah upaya terus menerus yang mengarah pada tujuan. walaupun terkadang ada banyak sekali tantangan ditemui. Ketekunan biasanya akan membantu kita menemukan metode atau cara efektif dan efisien dalam melakukan pekerjaan.

Bagaimana cara Mendapatkan Motivasi Kerja?
Ketika kita melihat ada begitu banyak orang yang bahagia karena telah berhasil mendapatkan tujuannya dengan melewati banyak proses, kita mungkin bertanya pada diri sendiri tentang bagaimana mereka melakukannya? apa yang mendorong mereka untuk bertindak? Kata kata motivasi lah yang menggerakan mereka untuk bertindak. Apakah sekarang anda termotivasi untuk mendapatkan tujuan anda?

Berbicara motivasi adalah berbicara tentang kejiwaan atau psikologi. Yang anda perlukan untuk meraih sesuatu adalah dengan mendapatkan informasi yang benar dan efektif, dan termotivasi. Demikian materi tentang Pengertian motivasi ini, semoga bisa bermanfaat

sumber

0 komentar: