Untuk menyiasatinya kita harus mempunyai beberapa sikap yang mendukung dalam
menjalankan pekerjaan diantaranya:
1. Melakukan tes Intervieuw
dengan tenang dan elegan.
Masuk dunia kerja bermula dari beberapa tahap diantaranya
intervieuw. Di situ kita akan dihadapkan dengan pertanyaan yang mungkin banyak
tidak kita duga sebelumnya (mau digaji berapa, apa keahlian yang kamu punya,
mengapa kamu mau kerja di sini, dll). Lewat pertanyaan itu calon perusahaan
akan menentukan kriteria penilaian tersendiri tentang kualitas yang tepat untuk
posisi yang tepat bagi pelamar pekerjaan. Usahakan kita saat menghadapi
interviuew dengan sikap yang tenang dan dengan jawaban yang elegan dengan
pemahaman bahwa kita memang pantas dan berhak untuk bekerja di perusahaan itu,
dengan pengalaman yang kita miliki akan bisa memberikan konstribusi kemajuan
calon perusahaan kita bekerja.
2. Menganggap pekerjaan biasa
menjadi pekerjaan yang bernilai tinggi.
Ketika memasuki dunia kerja kadang kita dihadapkan dengan
pekerjaan sepele yang tidak lain adalah siasat para calon bos kita untuk
melakukan penilaian terhadap kinerja kita dan seberapa besar tanggung jawab
kita terhadap hal-hal sepele sebelum kita dibebani dengan pekerjaan yang
benar-benar akan kita jalani. Ambil saja contoh menerima telepon lewat bahasa
dan penguasaan intonasi bahasa kita calon bos kita akan dapat mengetahui
seberapa berkuatitasnya kemampuan kita.
3. Menghargai karyawan senior.
Sebagai pemula atau orang baru di suatu perusahaankita akan
menjumpai banyak karyawan senior yang tentunya masakerja dan keahliannya lebih
daripada kita. Kita dituntut untuk bisa menghargai keberadaan mereka,
karenamereka jauh lebih memahami kondisi perusahaan dan bagaimana cara bekerja
yang dituntut oleh perusahaan. Tidak semua karyawan lama mempunyai kinerja
bagus maka kita harus bisa untuk memilih mereka menjadikan contoh sikap dan
tanggung jawab yang baik bagi perusahaan.
4. Menjadi asisten yang baik.
Mempunyai rekan kerja atau atasan sangat diperlukan untuk
membimbing apa dan bagaimana sikap kerja dan tanggung jawab yang harus kita
emban sesuai posisi yang dibebankan kepada kita. Lewat melihat, memperhatikan,
dan bekerja secara langsung kita akan mempunyai suatu gambaran bagaimana dan
mengapa pekerjaan ini memerlukan kita, kita seperti seorang asisten pribadi
yang secara bertahap akan mengambil alih yang tidak lain adalah tugas yang akan
menjadi kewajjiban kita.
5. Melakukan pekerjaan
semaksimal mungkin.
Pekerjaan yang sudah kita pegang hendalah kita lakukan
dengan penuh tanggung jawab dan kita berusaha untuk melakukan dengan semaksimal
mungkin. Dengan hasil yang baik dan tepat waktu kita akan mendapat nilai
tersendiri bagi atasan kita. Hasil yang kita capaipun akan dapat mempengaruhi
nilai pekerjaan bahkan kita mungkin dapat dipromosikan untuk jabatan yang lebih
karena pertimbangan kemampuan kita.
6. Jangan banyak mengeluh dan
terus berusaha.
Suatu pekerjaan kadang membuat kita jengkel dan merasa
kesulitan. Secara tidak sadar kita mungkin mengucap kata kok, aduh ,wah, kalo
gini, dll. yang tidak lain adalah ungkapan dari mengeluh. Dengan mengeluh malah
bisa mematikan kreativitaskita untuk selalu berusaha mendapat jawaban atau cara
mengatasi pekerjaan. Kita harus percayabahwa kita selalu bisadandapat
diandalkan.
7. Jangan mudah menyerah dengan
tugas yang berat.
Seorang atasan memberi pekerjaan bisa saja bertumpuh atau
dalam jumlah banyak dan bahkan kalau diperkirakan akan memakan waktu lamauntuk
menyelesaikannya. Lewat kemampuan, kita dituntut untuk bekerja ekstra dalam
menyelesaikannya, dahulukan pekerjaan ringan terlebih dahulu kemudian mulailah
dengan pekerjaan berat. Kitapun dapat mencari bantuan lewat teman, buku,
internet dan bahkan para senior kita untuk merampungkannya. Dengan pengalaman
dan trik-trik mereka, kita akan mampu menyelesaikan pekerjaan itu dan tiada
kata menyerah untuk suatu pekerjaan yang berat.
8. Menjalankan tugas yang di
berikan dengan hasil terbaik dan dalam waktu seminimal mungkin.
Tugas atau pekerjaanyang diberikan kita usahakan dapat
mengatasi atau mengerjakan dengan secepat mungkin. Ini akan menunjukkan bahwa
kita mempunyai kemampuan lebih dan memang pantas untuk posisi jabatan yang
diberikan. Tentu saja kita akan mendapat nilai plus dengan hasil pekerjaan kita
yang lebih awal selesainya sebelum deathline, bahkan kita bisa mengerjakan pekerjaan
yang lain.
9. Jangan libatkan masalah
pribadi dalam urusan kantor.
Permasalahan pribadi bisa saja timbul dengan rekan yang
menjadi rival kita di dalam perusahaan. Karena kecemburuan kedekatan kita
dengan atasan yang tidak lain supaya meraih simpati untuk kemajuan posisi
jabatannya. Maka usahakan kita bekerja sesuai dengan koridor pekerjaan kita
jangan teralu ikut campur dengan urusan atau pekerjaan rekan lain yang tidak sesuai
dengan naungan tanggung jawab pekerjaan kita. Tahu posisi dan tanggung jawab juga
perlu untuk menghindari sikap saling menyalahkan karena kita lempar atau saling
berebut tanggung jawab. Usahakan kita bersikap profesional dalam bekerja.
10. Terima pekerjaan tambahan
atau kerja lembur.
Apabila tenaga kita diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan
yang diluar jam kantor, kita harus menunjukkan loyalitas kepada perusahaan
kita. Dengan lembur kita akan mempersingkat waktu sehingga pekerjaan yang
hampir deathline dapat segera selesai sebelum waktunya, dan perusahaan kita pun
akan mendapat predikat baik yang mampu mengerjakan sesuai dengan apa yang diminta
oleh klien perusahaan.
11. Jadikan penghargaan yang
diterima menjadi pemicu kita untuk mendapat target yang lebih.
Mendapat penghargaan atau mendapat promosi jabatan sesungguhnya bukan
merupakan target awal kita melakukan suatu tugas dengan baik. Penghargaan itu
akan lebih bagus bila kita jadikan penyemangat kita, untuk menjadi lebih baik .Karena
lewat kemampuan kita mendapat tugas dan jabatan yang lebih memerlukan kemampuan
yang lebih dari yang kita miliki sekarang. Kita harus mempunyai kemampuan yang
lebih dari rekan kita dan kita akan
mendapat sorotan penting di manapun tempat kita bekerja, dengan itu posisi kitapun akan lebih diperhatikan oleh
atasan atau bahkan kita bisa mendapat prioritas untuk menjadi seorang pemimpin
di tempat kita bekerja.
Demikian sikap positif itu harus kita
maksimalkan. Sebisa mungkin kita dapat menjalankan segala tugas tanggung jawab
dan kewenangan yang diberikan dengan posisi yang kita jalani. Untuk itulah semangat
selalu berusaha dan selalu belajar akan menjadi motivasi kita menjadi baik dari
sebelumnya. SALAM SUKSES
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Salam Sukses